Salamat Datang Di Blog Desa Muarah Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan | Kuliah Kerja Nyata Universitas Trunojoyo Madura

Wilayah Desa Muarah


Desa Moarah terletak di Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur, Kode Pos: 69153. Desa Moarah berada pada ketinggian yang berkisar 2,3-4 mdl (di atas permukaan laut). Suhu rata-rata berkisar 25-30 o C dengan curah hujan berkisar 378 mm yang tergolong rendah. Luas keseluruhan Desa Moarah ± 71,36 ha yang terdiri atas: luas Desa Moarah ± 3,34 ha, lahan terlantar ± 30,1 ha, dan lahan pekarangan ± 38,1 ha.

Desa Moarah memiliki letak geografis yang strategis sebagai penghubung kecamatan antara kecamatan Arosbaya dan Klampis. Jarak menuju ibukota kecamatan terdekat berkisar 4 km dengan lama tempuh 18 menit yang tergolong strategis. Sedangkan jarak menuju ibukota kabupaten terdekat berkisar 14 km dengan jarak tempuh ± 1 jam. Desa Moarah merupakan desa agraris dengan bentang alam dataran yang kaya akan hasil pertanian. Kekayaan hasil pertanian yang diperoleh berasal dari luasnya persawahan yang terbentang, Daratan yang terdiri atas sawah, ladang dan kebun menjadi suatu penghasilan warga desa.

Batas Desa Moarah sebagai berikut:
Batas Timur : Desa Polongan
Batas Barat : -
Barat Utara : Desa Raas
Barat Selatan : -

Desa Moarah dilengkapi dengan sarana dan prasarana jalan yang cukup memadai yang menunjang kegiatan masyarakat. Lahan untuk fasilitas umum terdiri atas jalan aspal sepanjang 4,5 km dengan kondisi baik, sedangkan jalan makadam sepanjang 2,9 km. akibatnya banyak terdapat lahan kering dibandingkan dengan lahan sawah dengan tanah hujan. Lahan kering termasuk tegal maupun ladang memiliki luas 174,30 ha sedangkan luas lahan persawahan dengan tanah hujan berkisar 67,50 ha. Pertanian tersebut bergantung pada curah hujan sedangkan untuk persawahan dengan air irigasi secara teknis seluas 24,50 ha. Oleh karena itu, sawah maupun ladang banyak ditanami oleh tanaman jagung yang hanya membutuhkan sistem irigasi yang minimum. 

Desa Moarah mempunyai hasil pertanian dan perkebunan terutama palawija seperti kacang tanah dan singkong. Hasil pertanian tanaman pangan yang mendominasi yaitu jagung seluas 7,5 ha dengan hasil panen 240 ton/ha. Sedangkan komoditas hasil panen kacang tanah pada lahan seluas 3 ha berkisar 104 ton/ha. Komoditas tanaman jenis holtikultura pada lahan seluar berkisar ± 6 ha menghasilkan 17,5 ton/ha. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wilayah Desa Muarah"

Posting Komentar

Jika ingin menyampaikan sesuatu tentang tulisan ini, mohon berkomentar yang sopan dan bersifat membangun.
Meninggalkan jejak link aktif akan tetap berlaku asal masih terkait dengan topik yang sedang dibahas.
Terimakasih