Salamat Datang Di Blog Desa Muarah Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan | Kuliah Kerja Nyata Universitas Trunojoyo Madura

Potensi Alam yang Dimiliki Desa Muarah


1. Potensi Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam di Desa Muarah  sebagian besar menghasilkan tanaman padi, jagung, dan kacang. Desa Muarah adalah Desa penghubung antara Kecamatan Klampis dan Kecamatan Arosbaya Kabupaten Bangkalan. Masyarakat Desa Muarah sangat bergantung pada alam, sehingga dalam kehidupan sehari-harinya sebagian besar warga desa berada di sawah. Aktifitas warga desa dimulai dari terbitnya fajar hingga siang hari. Di Desa Muarah mempunyai 3 dusun yaitu; Jhukong, Nengpapak, dan Karangpao. Dusun-dusun yang ada di Muarah berkembang pesat mempunyai lahan sehingga dapat menopang perekonomian di dalam kehidupan sehari-harinya. Pertanian di Desa Muarah masih menggunakan system pertanian tradisional, sedangkan potensi alam di desa ini banyak yang harus dikembangkan sebagai penunjang kebutuhan pokok masyarakat sekitar, missal padi adalah kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat. 
Pengolahan sumber daya alam lainnya hanya sekadar menanam tidak dikelola dengan semaksimal mungkin seperti kacang, dan jagung. Masyarakat Desa Muarah perlu mempelajari bagaimana cara bertani yang baik dalam bidang pertanian sehingga potensi Desa Muarah dapat dikembangkan dan dipasarkan kembali di pasaran atau grosir, dalam suatu contoh Kacang dan Padi. 



2. Potensi Sumber Daya Manusia

Potensi Sumber Daya Manusia yang ada di Desa Muarah sangatlah berpengaruh dalam keadaan lahan sawah yang ada. Dalam bertani masyarakat Desa itu sendiri masih menggunakan teknologi yang masih tradisional, seperti sapi yang digunakan untuk membajak sawah. Penduduk Desa yang sebagian besar 70% bertani dan sebagian 30% ada yang merantau di negeri tetangga. Jumlah persentase warga laki-laki lebih banyak dibandingkan kaum perempuan. Pendidikan yang ada di Desa Muarah hanya tamat dalam jenjang SLTP/ sederajat. Sehingga kurangnya pendidikan yang ada di Desa Muarah menjadikan Desa Muarah menjadi Desa yang berkembang dan kurangnya pengetahuan dalam bidang teknologi. Banyak pemuda-pemudi Desa yang merantau di negeri orang, sehingga menjadikan Desa Muarah kurang adanya lahan yang dapat dikelola dengan baik. Presentase masyarakat Desa Muarah yang beragama islam 99%, sehingga banyak Madrasah dan TPA yang didirikan sejak dahulu di Desa Muarah. Kentalnya agama islam yang ada di Desa Muarah menjadikan Desa yang damai dan tenteram. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Potensi Alam yang Dimiliki Desa Muarah"

Posting Komentar

Jika ingin menyampaikan sesuatu tentang tulisan ini, mohon berkomentar yang sopan dan bersifat membangun.
Meninggalkan jejak link aktif akan tetap berlaku asal masih terkait dengan topik yang sedang dibahas.
Terimakasih