Salamat Datang Di Blog Desa Muarah Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan | Kuliah Kerja Nyata Universitas Trunojoyo Madura

Statistik Pekerjaan Desa Muarah

Statistik Pekerjaan

Mata pencaharian (pekerjaan) merupakan aktivitas manusia untuk memperoleh taraf hidup yang layak dimana antara daerah yang satu dengan daerah lainnya berbeda sesuai dengan taraf kemampuan penduduk dan keadaan demografinya. Begitupun dengan aktivitas mata pencaharian di Desa Muarah. Adapun mata pencaharian di Desa Muarah sebagai berikut:

1. Petani

Petani merupakan mata pencaharian di Desa Muarah yang sangat bergantung pada alam seperti iklim dan kesuburan tanah. Jumlah masyarakat Desa Muarah yang bekerja sebagai petani sebanyak 605 orang. Untuk saat ini, lahan sawah yang petani tanam yaitu jagung, kacang tanah, terong dan padi. Pada lahan jagung memiliki luas sekitar 7,5 ha dan memiliki penghasilan sebanyak 240 ton/tahun, lahan kacang tanah memiliki luas sekitar 3 ha dan memiliki penghasilan sebesar 8 ton/tahun, lahan terong memiliki luas sekitar 1 ha daan memiliki penghasilan sebesar 0,3 ton/tahun, sedangkan lahan dan hasil panen padi belum diketahui dikarenakan banyaknya masyarakat Desa Muarah yang memiliki pekerjaan petani dan mempunyai jumlah lahan yang lebih dari 1 setiap orang.

2. Buruh Tani

Buruh tani merupakan sekelomok manusia yang bekerja dengan memberikan jasa pada pemilik sawah untuk mendapatkan upah yang biasanya diberikan harian atau persetase dari hasil panen. Bentuk pekerjaannya mulai dari pra-tanam, tanam, panen dan pasca-panen. Pada sebelum tanam buruh tani bekerja mengolah lahan sawah sebelum ditanami, seperti mencangkul sawah, membuat galengan (batas) antar petakan sawah dan olah lahan lainnya. Pada masa tanam buruh tani bekerja secara massal untuk menanam padi, jika tanaman sudah tumbuh maka pekerjaannya adalah menyiangi rumput dan gulma yang bisa mengganggu pertumbuhan tanaman utama, pemupukan dan penyemprotan hama. Pada masa panen padi kegiatan buruh tani adalah memotong padi, melepaskan padi dari jeraminya, dan mengangkut hasil padi ke tempat yang dikehendaki pemiliknya. Sedangkan pasca-panen buruh tani bekerja membantu menjemur padi dan mengangkut padi ke penggilingan. Di Desa Muarah sendiri terdapat 143 orang yang bekerja sebagai buruh tani.

3. Pedagang/Wiraswasta

Pedaagang/wiraswasta merupakan orang yang melakukan perdagangan atau memperjual belikan barang yang tidak diproduksi sendiri untuk memperoleh suatu keuntungan. Jumlah pedagang di Desa Muarah sebanyak 122 orang, seperti menjual hasil panennya (padi, kacang tanah, terong, dan jagung). 

4. PNS (Pegawai Negeri Sipil)

PNS merupakan pegawai yang telah memenuhi syarat yang ditentukan dan diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan. Jumlah PNS yang ada di Desa Muarah sebanyak 6 orang, diantaranya ada yang bekerja sebagai bidan dan dikantor-kantor lainnya.

5. Guru Swasta

Guru swasta merupakan pendidik dan pengajar pada pendidikan anak usia dini jalur sekolah atau pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Jumlah guru swasta yang terdapat di Desa Muarah sebanyak 25 orang, diantaranya ada yang bekerja sebagai guru TK, guru SD dan lain sebaganya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Statistik Pekerjaan Desa Muarah"

Posting Komentar

Jika ingin menyampaikan sesuatu tentang tulisan ini, mohon berkomentar yang sopan dan bersifat membangun.
Meninggalkan jejak link aktif akan tetap berlaku asal masih terkait dengan topik yang sedang dibahas.
Terimakasih