Salamat Datang Di Blog Desa Muarah Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan | Kuliah Kerja Nyata Universitas Trunojoyo Madura

Sarana dan Prasarana Desa Muarah

Sarana dan Prasarana

Desa Moarah memiliki potensi yang mungkin hampir sama dalam hal ketersediaan sarana dan prasarana seperti desa lain pada umumnya. Akan tetapi, Desa moarah memiliki aksebilitas yang cukup strategis, karna letak desa Moarah ini berada atau sangat dekat dengan jalur pelintasan antar kota dan tidak begitu jauh dengan pusat kota bangkalan itu sendiri, hal ini sesuai dengan hasil wawancara dan survey yang kami lakukan masyarakat desa moarah tersebut pada umumnya menyatakan mereka merasakan kemudahan dalam aksesibilitas di Desa Moarah. Karena terletak dijalur antar kota maka memudahkan masyarakat desa untuk mengakses sarana dan prasarana dengan baik yang terdapat di Desa Moarah, Sarana dan prasarana desa moarah dapat kita lihat sebagai berikut :

1.    Sarana Prasarana Pendidikan

Desa Moarah terdiri dari 2 buah TK, 1 Buah MI, dan 2 Buah SD, di Desa Moarah ini tidak terlihat bahwa tidak adanya SMP dan SMA sehingga jika masyarakat desa moarah tersebut ingin melanjutkan Pendidikan SMP dan SMA harus pergi keluar kecamatan.

Pendidikan
Jumlah
TK
2
MI
1
SD
2

2.    Sarana Ibadah

     Desa Moarah memiliki 2 buah masjid dimana masjid tersebut menjadi tempat masyarakat moarah melakukan aktivitas keagamaan, seperti shalat berjamaah dan pengajian rutin. Akan tetapi, dari sini kami dapat melihat bahwa Desa Moarah tidak memiliki fasilitas keagamaan bagi masyarakat yang beragama Non Islam.

Peribadatan
Jumlah
Masjid
2

3.    Sarana Prasarana Transportasi 

     Transportasi adalah perpindahan manusia atau barang dari suatu tempat ketempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Transportasi yang digunakan untuk memudahkan masyarakat Desa Moarah dalam aktifitas sehari-hari  yaitu menggunakan :

1.    Transportasi Darat.

a. Prasarana transportasi :

1. Jalan Desa
BaikRusak
Jalan Aspal
Rusak
Jalan Makadam

Rusak
Jalan Tanah
Baik




2. Jembatan Desa
BaikBuruk
Jembatan Kayu

Buruk

Sarana transportasi :
Ojek
Becak
Angkutan Pedesaan

 b. Sarana Dan Prasarana Air Bersih

Dalam hal sumber air bersih, warga desa Moarah mendapatkan air yang bersumber dari mata air, masyarakat desa Moarah ini menggunakan sumur gali,  sumur pompa, embung, air sungai, air rawa dan sumber air bersih yang terdapat di desa Moarah tersebut dapat di golongkan secara umum dalam kondisi yang baik, walaupun beberapa warga juga mengakui bahwa pada musim kemarau air terkadang sulit didapatkan.

Mata Air
Bersih
Kotor
Sumur Pompa
Bersih

Sumur Gali

Kotor
Embung
Bersih

Air Sungai
Bersih

Air Rawa
Bersih

Sumber Bersih
Bersih

5.  Sarana Dan Prasarana Olahraga

Desa Moarah juga merupakan sentra dominan kegiatan olahraga dari kalangan pendidikan SD, SMP, MTs, SMA dan masyarakat pemuda, kalangan anak-anak yang ada di desa Moarah ini memanfaatkan lapangan sebagai objek untuk kegiatan berolahraga, lapangan yang berada di desa Moarah belum menjadi lapangan yang multifungsi untuk melakukan cabang olahraga yang lain, lapangan tersebut hanya terbatas pada aktivitas olahraga sepakbola saja.


6. Sarana Dan Prasarana Penerangan

Di Desa Moarah terdapat sarana penerangan seperti listrik. Listrik adalah salah satu energi yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia khusunya yang ada pada desa Moarah. Sarana penerangan jalan merupakan bagian dari bangunan pelengkap jalan yang dapat diletakkan atau di pasang dikiri/kanan jalan dan atau ditengah (dibagian median jalan) yang digunakan untuk menerangi jalan maupun lingkungan disekitar jalan yang diperlukan termasuk persimpangan jalan, jalan aspal, jembatan. Hampir setiap rumah penduduk dan juga tempat ibadah telah menggunakan penerangan listrik, berkaitan dengan sarana pendukung yang sangat penting bagi pengguna jalan terutama dimalam hari, sebagai barang publik, penerangan jalan ini dapat dinikmati oleh masyarakat Desa Muarah juga dan tidak ada tidak ada persaingan dalam penggunaannya.

Penerangan
Listrik PLN
Lampu Minyak
Kayu Bakar



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sarana dan Prasarana Desa Muarah"

Posting Komentar

Jika ingin menyampaikan sesuatu tentang tulisan ini, mohon berkomentar yang sopan dan bersifat membangun.
Meninggalkan jejak link aktif akan tetap berlaku asal masih terkait dengan topik yang sedang dibahas.
Terimakasih