Salamat Datang Di Blog Desa Muarah Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan | Kuliah Kerja Nyata Universitas Trunojoyo Madura

Pendataan Masyarakat Miskin yang Tidak Menerima Rastra dan KIS

Mengingat betapa pentingnya bantuan perlindungan sosial bagi masyarakat miskin, Kelompok Konstituen (KK) Klampis melakukan pendataan masyarakat miskin di Desa Muarah yang terdapat di kecamatan Klampis, kabupaten Bangkalan - Madura.
Ide ini untuk melakukan pendataan ini bermula ketika perwakilan kelompok konstituen Klampis mengikuti kegiatan Training of Facilitator (ToF) terkait pengaduan yang dilakukan oleh Yayasan Asoka Mahadi dengan Program MAMPU pada Februari 2016. Salah satu materi yang disampaikan adalah mengidentifikasi persoalan-persoalan yang terjadi di masyarakat di Desa/ Negeri dan Kelurahan.
Persoalan yang diangkat KK Klampis adalah belum meratanya pembagian Beras Miskin (Raskin) atau yang sekarang bernama Beras Sejahtera (Rastra), dan masalah Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Klampis.
Pasca ToF, perwakilan KK Klampis melakukan pertemuan dengan pengurus dan anggota untuk menindaklanjuti permasalahan Rastra dan KIS di desa mereka, serta membahas rencana kerja. Dalam pertemuan tersebut, disepakati kegiatan pendataan masyarakat miskin yang tidak menerima Rastra dan KIS.
Merry Mahulette, sekretaris KK Klampis, menyampaikan hasil pertemuannya yaitu meminta rekomendasi kelurahan yang ditujukan kepada seluruh RT di Desa Muarah. Hal ini juga dimaksudkan sebagai pegangan bagi KK Klampis dalam melalukan pendataan.

Selanjutnya, para anggota KK Klampis yang terbagi ke dalam tiga tim, melakukan pendataan selama tiga bulan. Kemudian, data lapangan direkap. Hasilnya, ada sebanyak 24 Kepala keluarga di 6 RT di Desa Muarah yang belum menerima bantuan Kartu Indonesia Sehat (KIS), 50 Kepala keluarga yang belum menerima bantuan Raskin/ Rastra dan total masyarakat miskin yang belum menerima bantuan Rastra dan KIS sebanyak 72 Kepala Keluarga.
Dari temuan ini, Kelompok Konstituen kemudian melakukan pertemuan dengan aparat pemerintah Desa Muarah yang diwakili sekretaris desa, untuk melaporkan hasil pendataan sekaligus meminta kebijakan pemerintah Desa terkait temuan.
Hasil temuan KK Klampis tersebut ternyata belum terdata di pemerintah desa. Oleh karenanya, pemerintah desa berjanji untuk membicarakan persoalan ini dengan Kelurahan untuk segera ditindaklanjuti.

Setelah kejadian tersebut, maka kelurahan memerintahkan tim puskemas untuk mendatangi setiap desa di Kecamatan Klampis untuk mendata setiap kartu kelurga tindak melanjuti kecurangan atau kesalahan saat pendataan. Karna Kartu Indonesia Sehat yang biasa di kenal dengan KIS ini adalah salah satu Program kerja president republic Indonesia yaitu 3 kartu sehat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pendataan Masyarakat Miskin yang Tidak Menerima Rastra dan KIS"

Posting Komentar

Jika ingin menyampaikan sesuatu tentang tulisan ini, mohon berkomentar yang sopan dan bersifat membangun.
Meninggalkan jejak link aktif akan tetap berlaku asal masih terkait dengan topik yang sedang dibahas.
Terimakasih