Salamat Datang Di Blog Desa Muarah Kecamatan Klampis Kabupaten Bangkalan | Kuliah Kerja Nyata Universitas Trunojoyo Madura

Rumah Tanean Lanjhang Desa Muarah


Masyarakat Madura merupakan salah satu masyarakat yang menjunjung tinggi tentang kekerabatan antar masyarakatnya. Salah satunya terdapat di desa Muarah. Desa Muarah termasuk dalam Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan, Madura. Desa Muarah terdiri dari Tiga dusun yaitu  Karang Pao, Jukong dan Neng Papak. Di antara beberapa dusun tersebut, terdapat salah satu dusun yang sangat menarik untuk ditelisik dan memiliki budaya yang masih sangat tradisional. Dusun tersebut adalah dusun Karang Pao, dimana dusun tersebut masih menerapkan budaya asli madura yang dimaksud dengan budaya Tanean Lanjhang. Tanean Lanjhang adalah rumah adat yang berasal dari budaya masyarakat Madura di Jawa Timur. Tanean Lanjhang secara bahasa berarti “Halaman Panjang”. 

Rumah Tanean Lanjhang


Rumah tanean lanjhang di desa Muarah sendiri selain berfungsi sebagai tempat tinggal juga bermakna sebagai gambaran sosial masyarakat Madura terutama di desa Muarah yang sangat menjunjung kekerabatan antar masyarakat. Oleh karena itu, rumah Tanean Lanjhag memiliki keunikkan tersendiri seperti pola rumah Tanean Lanjhang, tata letak dari rumah Tanean Lanjhang dan material bangunan dari rumah Tanean Lanjhang.

Pola Tanean Lanjhang merupakan bentuk atau struktur dari rumah tanean lanjhang itu sendiri. Didalam tanean lanjhang tidak hanya mencakup satu rumah saja, tetapi juga beberapa rumah dan kelengkapannya dalam satu halaman. Didalam satu tanean lanjhang terdapat beberapa rumah yang berjajar dari Barat ke Timur dilengkapi dengan beberapa rumah, mushola, kandang ternak dan halaman memanjang. Satu kompleks rumah tanean lanjhang dapat terdiri dari 2 sampai 10 rumah. Masing-masing rumah dihuni oleh satu keluarga dan dalam satu kompleks tersebut pemiliknya masih saling memiliki hubungan kekerabatan. 

Material bangunan dari rumah tanean lanjhang menggunakan beragam bahan bangunan seperti biasanya. Ada beberapa bahan dari alam dan beberapa beli di toko bangunan, akan tetapi mayoritas masyarakat di desa Muarah kecamatan Klampis, Bangkalan menggunakan material dinding dan kerangka rumah terbuat dari kayu. Kerangka dinding dari balok kayu, dinding dari papan, sementara kerangka atap dibuat dari bambu. Untuk atapnya sendiri digunakan genteng tanah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumah Tanean Lanjhang Desa Muarah"

Posting Komentar

Jika ingin menyampaikan sesuatu tentang tulisan ini, mohon berkomentar yang sopan dan bersifat membangun.
Meninggalkan jejak link aktif akan tetap berlaku asal masih terkait dengan topik yang sedang dibahas.
Terimakasih